Senin, 22 September 2008

Desain Produk dan Jasa

Salah satu kunci sukses untuk bersaing di bidang operasi khususnya di industri manufaktur adalah desain produk dan jasa. Disini akan dibahas apa saja yang harus diperhatikan dalam desain produk dan jasa.

1. Pemilihan produk dan jasa
2. Menghasilkan produk baru
3. Pengembangan produk
4. Permasalahan desain
5. Persaingan berdasarkan waktu
6. Menetapkan produk
7. Dokumentasi untuk produksi
8. Desain jasa
9. Pohon keputusan
10. Transisi menuju produksi


1. Pemilihan Produk dan Jasa
a. Siklus hidup produk
b. Siklus hidup dan strategi
- Fase perkenalan
- Fase petumbuhan
- Fase kematangan
- Fase penurunan
c. Analisis produk berdasarkan nilai
Nilai urutan produk dari yang tertinggi ke yang terendah akan kontribusi mereka terhadap perusahaan

2. Menghasilkan produk baru
a. Peluang produk baru
- Brainstorming
i. Teknik tim untuk membangkitkan ide kreatif pada satu subjek khusus. Ide tidak dikaji ulang hingga waktu brainstorming selesai
ii. Memahami pelanggan
iii. Perubahan ekonomi
iv. Perubahan secara sosiologis dan demografis
v. Perubahan teknologi
vi. Perubahan politik
vii. Perubahan lainnya (kebiasaan pasar, standar profesional, pemasok dan distributor)
b. Pentingnya produk baru

3. Pengembangan produk
a. Sistem pengembangan produk : Konsep produk dikembangkan dari sumber yang bervariasi, yang berasal dari dalam dan luar perusahaan. Konsep yang dapat lolos pada tahapan ide produk, berproses melalui berbagai tahap, dengan pengkajian terus menerus, umpan balik dan evaluasi dalam lingkungan sangat partisipatif untuk meminimumkan kegagalan
b. QFD (Quality Function Deployment) : Suatu proses menenetapkan keinginan pelanggan dan menterjemahkannya menjadi atribut agar tiap area fungsional dapat memahami dan melaksanakannya
c.Kemampuan untuk diproduksi dan rekayasa nilai : Aktivitas yang menolong memperbaiki desain, produksi, pemeliharaan dan penggunaan sebuah produk

4. Permasalahan desain produk
a. Desain yang tangguh
b. Desain modular
c. CAD – Computer-Aided Design
d. CAM – Computer-Aided Manufacturing
e. Teknologi virtual reality
f. Analisis nilai
g. Desain yang ramah lingkungan

5. Persaingan berdasarkan waktu
a. Produk dikembangkan dan dipindahkan ke pasar dengan cepat
b. Membeli teknologi dengan cara mengambil alih sebuah perusahaan
c. Joint ventures
d. Aliansi

6. Menetapkan produk
a. Keputusan untuk membuat atau membeli
b. Teknologi kelompok


7. Dokumentasi untuk produksi
a. Diagram perakitan : Sebuah grafik sebagai jalan untuk menerangkan bagaimana komponen mengalir menjadi sub-perakitan dan akhirnya menjadi produk jadi
b. Lembar rute : Merupakan daftar operasi yang dibutuhkan untuk memproduksi komponen dengan bahan yang dirinci dalam bill of material
c. Perintah kerja : Sebuah instruksi untuk membuat sejumlah kuantitas produk tertentu, biasanya untuk jadwal tertentu
d. ECN (engineering change notices) : Sebuah perbaikan atau perubahan dari gambar teknik
e. Manajemen konfigurasi : Suatu sistem dimana sebuah produk direncanakan dan perubahan konfigurasi diidentifikasi secara akurat sementara pengendalian dan pertangungjawaban suatu perubahan tetap terjaga

8. Desain jasa
a. Partisipasi atau interaksi denga pelanggan
b. Dokumen untuk jasa

9. Pohon keputusan
Untuk membentuk pohon keputusan :
a. Pastikan semua alternatif yang mungkin dan keadaan sudah dimasukkan ke dalam pohon
b. Pengembalian hasil dimasukkan pada akhir setiap cabang yang bersesuaian
c. Tujuannya untuk menetapkan nilai yang diharapkan dari setiap tindakan yang ada









1 komentar:

Mommy Arya&Kinan mengatakan...

iki blog opo seeh... mo namu malah dikuliahin...
Hihihihihi...jalan2 siang, pak